Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Produksi Ikan, Pemkab Kobar Terus Kembangkan Ikan Keramba

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 04 Juli 2021 - 17:31 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat terus berupaya meningkatkan produksi ikan di Kobar. Salah satunya dengan mengembangkan ikan keramba.

Bupati Kobar, Nurhidayah menjelaskan untuk pemenuhan ikan selama ini masih mengandalkan ikan laut, namun dalam kondisi tertentu ikan laut juga susah dicari dan membuat harga ikan menjadi naik.

Namun Pemkab Kobar telah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi hal tersebut. Salah satunya dengan mengembangkan ikan keramba baik di kolam buatan dan sungai.

"Pengembangan ikan keramba ini sudah dijalankan di 6 kecamatan. Pengembangan ikan ini sudah dilakukan dan terus dievaluasi dan hasilnya terus meningkat," katanya.

Lanjutnya, terutama dengan adanya pengembangan ikan keramba ini membuat stok pangan terus terjaga. Mengingat kebutuhan ikan sangat tinggi, hal ini menyusul tingkat konsumsi ikan juga terus bertambah.

"Dengan upaya pengembangan ikan yang kami lakukan ini, selain untuk meningkatkan produksi juga meningkatkan ekonomi masyarakat. Karena itu yang menjadi utama, apalagi saat masa pandemi ekonomi masyarakat harus kita genjot," ujarnya.

Masyarakat yang mau mengembangkan ikan keramba ini juga dibantu peralatan pembuatan keramba, pakan dan bibit. Sehingga saat menuai hasilnya, diharapkan masyarakat bisa mandiri dan mampu mengembangkan usahanya.

"Selama ini awalnya ada puluhan orang yang mengembangkan ikan keramba baik di kolam dan sungai, namun hasil evaluasi terakhir sudah mencapai ratusan orang," jelasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru