Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Audit Semua Koperasi Plasma di Kabupaten Kotawaringin Timur

  • Oleh Naco
  • 10 Juli 2021 - 14:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Hairis Salamad mengakui  koperasi  yang bermitra dengan perusahaan perkebunan di daerah ini sudah selayaknya dilakukan audit secara menyeluruh. 

Hal ini karena koperasi plasma yang ada itu cenderung menguntungkan pihak luar daerah sementara masyarakat sekitar perkebunan itu kian miskin. 

“Di Kotim ini banyak koperasi tetapi dampak untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat itu ternyata tidak dirasakan, ini karena ada persoalannya," kata Hairis, Sabtu, 10 Juli 2021.

Menurut Hairis anggota koperasi itu ternyata banyak orang dari luar sementara warga sekitarnya terabaikan dan tidak masuk keanggotaan.

Menurut Hairis seperti di Kecamatan Parenggean ada salah satu koperasi yang mana saat ini tercatat anggotanya sekitar 9.000 orang. Dengan nilai  setiap bulan SHK yang diterima yakni Rp3 miliar. 

"Sayangnya untuk anggota itu ternyata pihak luar dan bukan dari warga sekitarnya," ucapnya. Seperti ini kata Hairis yang terjadi, karena ada perpindahan tangan  keanggotaan, sementara masyarakat sekitar memang tidak pernah tahu mereka masuk anggota atau tidak.

Hairis menyebutkan untuk hal semacam itu harus ditelusuri. Maka dari itu dirinya mendorong agar ada satuan khusus atau satgas yang harus melakukan audit terhadap seluruh koperasi di Kotim itu.

“Tidak ada kata lain selain diaudit satu persatu karena koperasi yang berjalan saat ini hanya sebagai alat untuk memperkaya sekelompok orang dan masyarakat sekitar yang harusnya jadi anggota justru diabaikaan,” tukasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru