Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Panen Raya Diharapkan Pacu Semangat Petani Tingkatkan Produksi Padi

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 14 Juli 2021 - 12:55 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemkab Kapuas melakukan panen raya padi di Sekonder 9, Desa Lupak Timur, Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas.

Adapun panen raya tersebut dilakukan oleh Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat, Ketua TP PKK Kapuas, bersama dengan Unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas.

Kegiatan itu juga sebagai penanda panen di seluruh Gapoktan yang ada di Kecamatan Kapuas Kuala dengan jumlah luas lahan pertanian padi di Kecamatan tersebut adalah 34.808 hektar dengan realisasi tanam untuk 2021 sebanyak 11.194 hektar, produksi rata-rata panen untuk padi lokal 3,1 ton perhektar dan padi unggul 4 ton perhektar.

Bupati Kapuas Ben Brahim mengungkapkan rasa bangganya kepada masyarakat Kecamatan Kapuas Kuala, khususnya Desa Lupak Timur yang mana para petaninya telah berhasil menanam padi di masa-masa sekarang, sehingga dapat dipanen dengan sempurna pada kegiatan tersebut.

“Panen raya itu dilakukan sebagai pemacu semangat para petani yang ada di Kabupaten Kapuas untuk terus mempertahankan Kabupaten Kapuas sebagai lumbung padi Kalimantan Tengah," kata Ben, Rabu 14 Juli 2021.

"Tentunya tidak hanya lumbung padi tapi juga kita harapkan sebagai lumbung untuk sektor pertanian, perikanan dan lainnya,” lanjut dia.

Menurut dia, untuk ke depan pertanian adalah merupakan tulang punggung untuk mengangkat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Kita akan terus mendorong usaha pertanian di Kabupaten Kapuas dan kita harapkan Pemerintah Pusat untuk memberikan dukungan terutama untuk Alsintan atau alat-alat pertanian agar panen tidak lagi dilakukan secara manual, tetapi memakai mesin,” harapnya.

Sebelumnya, Camat Kapuas Kuala Inop atas nama seluruh masyarakat Kapuas Kuala menyampaikan apresiasi telah dilaksanakan panen raya di Desa Lupak timur.

“Semoga ini menjadi motivasi bagi jajaran Pemerintah Kecamatan Kapuas Kuala dalam meningkatkan pembangunan khususnya dibidang pertanian, perikanan dan perkebunan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Camat Kapuas Kuala itu menyampaikan lahan pertanian di Desa Lupak Timur adalah 1.500 hektar, realisasi tanam untuk tahun 2021 sebanyak 1.006 hektar, sekitar 494 hektar adalah termasuk wilayah pekarangan. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru