Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengawasan Angkutan Lebihi Muatan di Kotawaringin Barat Dinilai Masih Lemah

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 20 Juli 2021 - 18:55 WIB

BORNONEWS, Pangkalan Bun - Pengawasan terhadap angkutan melebihi muatan di jalur Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama, Kabupaten Kotawaringin Barat dinilai masih lemah. Pasalnya, masih banyak kenderaan melebihi kapasitas jalan yang melintas.

Wakil Ketua I DPRD Kobar, Mulyadin mengatakan dukungan mengharapkan pengawasan terhadap jalan tersebut agar lebih dioptimalkan.

"Kami sangat mengharapkan adanya komitmen dari pemkab soal pengawasan kendaraaan bermuatan lebih yang masih bebas melintas di jalan provinsi," kata Mulyadin, Selasa, 20 Juli 2021.

Termasuk, upaya pemasangan besi agar truk bermuatan lebih tidak bisa melintas. Namun besi yang dipasang di sekitar jembatan atas Sungai  Arut itu dibongkar pemilik kendaraan agar bisa melintas.

"Sebenarnya jika ada pengawasan dilapangan, tidak sampai terjadi begitu. Instansi yang berjaga juga harus benar komitmen, jangan pasang besi kemudian ditinggal pergi," sebutnya.

Jika kondisi seperti ini terus, maka sampai kapanpun bakal terus terjadi. Karena pada tahap awal, harus ada petugas yang mengawasi kendaraan keluar masuk.

"Adanya petugas yang berjaga ini bukan untuk membenturkan petugas dengan masyarakat. Namun setidaknya ketika ada yang bertanya, maka petugas yang di lapangan bisa menjelaskan aturan terbaru," bebernya.

Mulyadin menambahkan, jika sudah lama dijaga, maka truk yang bermuatan lebih bisa mengurangi karena ada aturan terbaru.

"Sementara di lapangan masih kurang optimal dalam pengawasan, maka hal ini juga sama saja seperti dulu. Tidak ada bedanya meski ada atiran baru," bebernya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru