Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembinaan Kemandirian Rutan Kuala Kapuas, WBP Hasilkan Kerajinan Tangan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Juli 2021 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas menjalankan program pembinaan kemandirian yang diterapkan melalui pendekatan pembinaan keterampilan.

Kegiatan itu juga meliputi pemulihan harga diri sebagai pribadi maupun sebagai warga negara yang meyakini dirinya masih memiliki potensi produktif bagi pembangunan bangsa. Oleh karena itu, mereka dididik juga untuk menguasai keterampilan tertentu agar dapat hidup mandiri.

Hasilnya, sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan setempat mampu menghasilkan kerajinan tangan yang terbuat dari plastik.

"Produk kerajinan tangan yang dihasilkan berupa anyaman plastik berbentuk udang. Ini nantinya akan bisa dijadikan gantungan kunci," kata Staf Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas, I Ketut Cemarne, Rabu, 21 Juli 2021.

Dia yang mengawasi kegiatan pembinaan kemandirian bagi warga binaan setiap harinya. "Saya turut senang melihat antusias WBP dalam mengolah bahan plastik menjadi suatu kerajinan tangan yang bernilai jual," ucapnya.

Dia berharap, hasil kerajinan itu dapat diperkenalkan ke masyarakat umum, karena tidak hanya kerajinan tangan dari plastik saja yang dibuat, tapi juga batok kelapa hingga akrilik.

"Mengingat di situasi pandemi Covid-19 saat ini belum bisa memamerkan karya WBP kepada orang luar, oleh karena itu WBP Rutan Kuala Kapuas terus berinovasi dalam meningkatkan kemampuan mengolah suatu kerajinan tangan," tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru