Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelas Klinik Bisnis Bahas Trik Usaha di Masa Pandemi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Juli 2021 - 15:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Andika Dwi Octavianto, narasumber di Kelas Klinik Bisnis yang digelar pada Rabu, 21 Juli 2021 lalu menyebutkan bahwa sejak pandemi Covid-19, banyak usaha yang kesusahan beradaptasi dengan keadaan. Apalagi ditambah dengan peraturan baru yaitu PPKM maka semakin terbataslah kegiatan para UMKM.

Walau demikian, tidak membuat para pemilik usaha menyerah karena masih banyak usaha yang bisa dikembangkan. 

Owner teman hidup kopi ini menjelaskan bahwa ada 6 bisnis potensial di masa pandemi yaitu reseller/dropshipper online, bisnis kuliner, bisnis produk kesehatan, youtuber dan influencer, bisnis jaya pelayanan pengantaran, dan yang terakhir tutor bimbel.

"Di kota Barabai sendiri di 3 bulan pertama usaha apapun itu pasti rame, terus bulan ke 4 dan selanjutnya kita harus inovasi, kalo kita cuma stuck disitu aja maka usaha kita akan selesai tidak berhasil," jelasnya.

Andika mengungkapkan bahwa ada 4 trik usaha dimasa pandemi yaitu sosmed, friend, inovasi dan berbagi.

Salah satu triknya membuat minuman dalam kemasan botol, Delivery Service, Promosi dari teman dekat yang memiliki followers banyak, dan berbagi untuk masyarakat.

"Walaupun keuntungan berkurang tapi tetap bisa gaji karyawan, selain itu tidak ada pengurang karyawan dan bisa bertahan di masa pandemi," bebernya lagi.

Adapun E-Marketing di masa pandemi menurutnya, yaitu gunakan topik dan kata kunci untuk penargetan yang tepat, maksimalkan fitur yang ada di medsos, di masa pandemi pastikan keamanan produk anda di perlihatkan data promosi, targetkan ke pelanggan setia.

"Cara maksimalkan keuntungan di masa pandemi yaitu tunda pembelian barang sekunder, kurangi penggunaan listrik dan hal lainnya, jual saja, atur ulang kebutuhan sumber daya manusia," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru