Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemarau di Barito Timur Lebih Singkat Dibanding Tahun Sebelumnya

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 24 Juli 2021 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Data prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menunjukkan bahwa musim kemarau tahun ini di Barito Timur lebih singkat dibanding tahun sebelumnya.

"Selain diprakirakan lebih pendek, titik panas yg terjadi tidak sebanyak tahun sebelumnya meski begitu kita tidak boleh lengah akan terjadinya karhutla," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Sanggu, Nur Setiawan kepada Borneonews, Sabtu, 24 Juli 2021.

Selain itu, lanjut dia, sepanjang musim kemarau masih terjadi curah hujan karena atmosfer yang lebih lembab akibat fenomena La Nina lemah.

"Peta analisis curah hujan pada dasarian kedua bulan Juli 2021 menunjukkan masih terjadi hujan di wilayah Barito Timur sebelah utara dengan kategori menengah, sedangkan sebelah selatan
kategori rendah," jelasnya.

Musim kemarau di Barito Timur secara umum dimulai pada dasarian kedua atau 10 hari ke dua pada bulan Juni 2021.

Puncak kemarau di Kecamatan Benua Lima, Dusun Timur bagian barat,
Paju Epat, Dusun Tengah, Karusen Janang, Paku, Pematang Karau, Raren Batuah terjadi pada bulan Agustus, sedangkan Kecamatan Awang, Dusun Timur bagian timur dan Kecamatan Patangkep Tutui puncak kemarau terjadi pada bulan September. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru