Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengendalian Penyakit Bergantung pada Tingkat Kedisiplinan Masyarakat

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 26 Juli 2021 - 12:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Kalimantan Tengah (Kalteng), Rini Fortina menilai untuk bisa mengendalikan penyebaran penyakit termasuk Covid-19 bergantung pada tingkat kedisiplinan masyarakat itu sendiri.

Ia mengatakan rumus pengendalian penyakit ada di pengendalian lingkungan, pengendalian orang, dan pengendalian agennya.

"Tapi intinya itu kembali lagi pada kedisiplinan kita. Ketika dimina isolasi, tapi malah ngamuk dengan alasan tidak bisa cari makan dan sebagainya, tentu akan lebih menyulitkan dalam pengendalian penyebaran,” jelasnya.

Rini menjelaskan, empat faktor penyebab peningkatan penularan wabah, pertama adalah masyarakat. Masyarakat yang lengah terhadap prokes, ditambah adanya transmisi lokal, membuat penularan menjadi semakin masif. 

Sebab, menurutnya, sulit mengenali siapa yang menjadi orang tanpa gejala yang menjadi media penularan.

Faktor selanjutnya, kelengahan pemerintah membuat lambatnya informasi yang diterima oleh petugas penanganan sehingga mengakibatkan keterlambatan tindakan, termasuk tracing, tracking, dan treatment (3T). 

Lingkungan pun menjadi faktor yang dapat meningkatkan penyebaran wabah, terutama jika lingkugan tersebut merupakan lingkungan padat penduduk.

“Terakhir adalah faktor virulensi itu sendiri. kita tahu jika varian delta itu lebih kuat dan cepat dibanding varian yang sebelumnya. Kalau yang sebelumnya Covid-19 aslinya tidak boleh kontak 15 menit karena bisa tertular. Tetapi dengan varian baru, bahkan hanya berpapasan saja bisa meningkatkan penularan,” pungkasnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru