Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

6 Hektare Lahan di Desa Sungai Bakau Terbakar, Diduga Akibat Faktor Kesengajaan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 11 Agustus 2021 - 12:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sekitar 6 hektar lahan yang berlokasi di Desa Sungai Bakau, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terbakar, Selasa, 10 Agustus 2021 siang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kobar, Martogi Siallagan, menjelaskan pihaknya mendapatkan informasi adanya kebakaran hutan dan lahan (karhula) tersebut sekitar pukul 12.00 WIB.

"Diduga karhutla ini terjadi lantan sengaja  dibakar oleh warga untuk membuka lahan. Hingga sore hari, 3 unit mobil pemadam, 15 orang personel gabungan dari TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD Kobar dan Tagana sedang berupaya melakukan pemadaman dilokasi tersebut," jelas Martogi Sillagan.

Menurut Martogi Sillagan, kendala yang dihadapi untuk memadamkan api yaitu sulitnya mencari sumber air disekitar lokasi karhutla.

"Kemudian untuk mengantisipasi kejadian seperti ini kedepan, sudah membangun posko karhutla sejak tanggal 1 Agustus hingga Oktober 2021," jelas Martogi Sillagan.

Harapannya, lanjut Martogi Sillagan, dengan membuka posko karhutla tersebut pihaknya bisa dengan cepat direspon agar kebakaran tidak semakin meluas.

"Jadi laporan dari warga bisa direspon cepat oleh petugas piket di posko terssbut. Selain itu kegiatan patroli juga bakal semakin rutin dilakukan, terutama di lokasi yang rawan karhutla," jelas Martogi Sillagan. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru