Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim: Media Harus Ambil Peran Edukasi Masyarakat Bahaya Karhutla

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 15 Agustus 2021 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit – Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor meminta media turut membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat terkait bahaya membakar hutan dan lahan. Menurutnya, ini penting untuk mencegah bencana asap terulang kembali. 

"Media harus ambil peran dalam mengedukasi masyarakat. Salah satunya terkait soal bahaya kebakaran hutan dan lahan," kata Halikinnor, belum lama ini.

Ia juga tak ingin hal tersebut terjadi pada musim kemarau kali ini. Apalagi masyarakat masih banyak mengalami kesulitan akibat adanya pandemi ini. Jangan sampai penderitaan masyarakat dobel, dilanda karhutla di tengah pandemi. 

"Apalagi sekarang masih pandemi Covid-19, nanti malah dobel yang ditangani. Maka dari itu mari sama-sama kita jaga sebelum kejadian , ” katanya. 

Menurut Halikinnor, karhutla berpotensi menambah permasalahan di daerah itu, karena dampak yang dihasilkan sangat luas. Baik dampak alam, maupun dampak di bidang lainnya, seperti ekonomi, kesehatan, transportasi dan lain-lain. 

“Ini tanggung jawab kita semua, untuk menjaga lingkungan dari terjadinya karhutla," imbuhnya. 

Halikinnor juga terus mengimbau masyarakat agar jangan sampai mengolah lahan dengan cara membakar. Sebab selain berbahaya secara dampak lingkungan, juga membahayakan pelaku karena bisa tersandung hukum.  (USAY NOR RAHMAD/B-7) 

Berita Terbaru