Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau Apresiasi Webinar Literasi Digital Kemkominfo

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 16 Agustus 2021 - 20:25 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau, Hendra Lesmana mengapresiasi sekaligus mendukung pencanangan Program Nasional Literasi Digital yang digalakkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI.

Hendra Lesmana, Senin, 16 Agustus 2021 mengatakan, program nasional literasi digital merupakan salah satu bentuk upaya dari pemerintah dalam mengedukasi masyarakat agar semakin cakap digital dalam mengimbangi perkembangan teknologi yang semakin pesat . Menurutnya, perangkat digital sekarang ini tidak lagi memiliki peranan sebagai penunjang namun sudah menjadi 'habbit' bahkan kebutuhan.

"Adanya program nasional literasi digital yang digalakkan Kemkominfo dalam bentuk webinar tentu sangat bermanfaat, masyarakat  dapat belajar bersama tentang banyak hal seperti pemanfaatan digital. Termasuk tentang empat pilar Literasi Digital meliputi Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills)," jelasnya.

Hendra Lesmana juga mengatakan, Lamandau menjadi satu dari 514 kabupaten/kota di indonesia yang menjadi sasaran program tersebut. Hal tersebut merupakan kesempatan yang baik bagi masyarakat untuk memperkaya wawasan, sehingga adanya perangkat digital dalam kehidupan sehari-hari dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan.

"Semoga dengan adanya webinar tentang literasi digital ini juga dapat merubah 'habbit' atau kebiasaan, misalnya dari semuala hanya sebagai konsumen internet aktif, dengan adanya wawasan baru tentang manfaat digital ini kan bisa merangsang masyarakat menjadi pengguna internet yang cakap dan produktif," harapnya.

Keberadaan fasilitas digital seperti halnya internet di era sekarang ini, kata Bupati Hendra Lesmana, tidak hanya terbatas sebagai fasilitas komunikasi atau sumber informasi saja, namun telah berkembang menjadi sangat luas, misalnya menjadi fasilitas bisnis untuk para 'e-commerce", sarana utama berkegiatan di masa pandemi yang serba virtual serta penunjang untuk berbagai kegiatan.

"Pemanfaatan akses internet seperti itu juga yang pemkab Lamandau dorong saat ini, dimana pelaku UMKM kita rangsang agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang serba berbasis digital, karenanya pemkab telah meluncurkan aplikasi Lamandau Store sebagai salah satu pusat informasi tentang produk unggulan daerah," ujarnya. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru