Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Refleksi Diri Sebagai Seorang Guru Matematika

  • Oleh Rokim
  • 17 Agustus 2021 - 23:17 WIB

MASYARAKAT pada umumnya menganggap bahwa seorang guru merupakan orang yang harus digugu dan ditiru. dalam arti orang yang memiliki charisma dan berwibawa, sehingga perlu untuk ditiru dan diteladani. 

Anggapan itu sangat agung dan mulia sekaligus menjadi suatu beban moral tersendiri seandainya kita sebagai seorang guru atau pendidik. Tindakan kita tidak mencerminkan apa yang menjadi anggapan masyarakat banyak. 

Di era globalisasi sekarang ini banyak kasus criminal seperti penipuan, pelecehan seksual, tindak kekerasan yang dilakukan sebagian kecil dengan notabene seorang guru. Tetapi seperti dalam peri bahasa, “tinta setitik dapat merusak susu sebelanga”. 

Apa yang dilakukan oleh guru akan menjadi sorotan atau perhatian masyarakat luas apalagi yang dilakukan hal yang negative seperti hal yang melanggar norma susila, norma hokum atau norma agama, karena guru adalah sosok orang yang perlu dicontoh, disegani, dan dihormati.

Sosok guru yang patut ditiru dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara khususnya oleh peserta didik menjadikan dilema tersendiri bagi seorang guru matematika. 

Sebab sampai saat ini pelajaran matematika kebanyakan peserta didik masih menganggap sebagai pelajaran yang menakutkan, pelajaran yang sulit untuk dipelajari, pelajaran yang membosankan karena menurut peserta didik tidak ada gunanya dalam kehidupan nyata sehari-hari, sehingga peserta didik bersikap masa bodoh dan kurang bersemangat dalam belajar matematika. 

Yang lebih memprihatinkan lagi adalah sosok guru metematika biasanya selalu ditakuti oleh peserta didik, yang berakibat fatal yaitu motivasi belajar dan prestasi belajar matematika peserta didik rendah. Hal ini sepertinya sangat jauh berbeda dari sosok guru ideal bagi peserta didik.

Dalam kenyataan matematika adalah dasar dari segala ilmu dan teknologi. Apalagi di era globalisasi seperti saat ini yang ditandai dengan kemajuan IPTEK, pengetahuan dan keahlian berpikir logis yang dikembangkan dalam pelajaran matematika sangat diperlukan. 

Ini juga suatu pekerjaan rumah yang sangat berkepanjangan bagi seorang guru matematika untuk mengubah  pandangan siswa terhadap guru maupun pelajaran matematika. 

Bagaimana agar peserta didik tidak takut lagi terhadap pelajaran matematika bagaimana menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bersemangat dalam belajar matematika dan apa yang harus dilakukan oleh seorang guru matematika agar ideal di mata peserta didiknya
Berbicara tentang ideal memang tidak ada sesuatupun di dunia ini yang benar – benar ideal, tapi ideal bisa digunakan sebagai suatu harapan atau tujuan sehingga ada motivasi atau semangat untuk mewujudkannya. 

Berita Terbaru