Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Uji Kelayakan Jembatan Kalsel-Kalteng Siap Dilakukan

  • Oleh ANTARA
  • 24 Agustus 2021 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Banjarmasin - Jembatan Alalak yang merupakan jembatan Trans Kalimantan yang menghubungkan Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah siap dilakukan uji kelayakan pada akhir Agusutus 2021.

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA usai melakukan kunjungan ke proyek pembangunan jembatan yang mulai dibangun sejak 2019 ini mengatakan pengerjaan Jembatan Alalak Baru sudah mencapai 97 persen dan dapat selesai dalam 2 Minggu ke depan.

"Insya Allah akhir Agustus 2021 akan diadakan loading test untuk menguji kelayakan jembatan Trans Kalimantan, yang menghubungkan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala tersebut," katanya, Senin 23 Agustus 2021.

Tes ini untuk melihat daya tahan jembatan sebelum secara resmi dimanfaatkan untuk masyarakat. Hasil dari tes ini nantinya akan dilaporkan kepada Kementerian PU PR dan setelahnya akan diterbitkan dokumen layak fungsi.

Jembatan yang dibangun dengan konsep cable stayed ini memiliki empat jalur, yaitu dua untuk arah dalam kota dan dua menuju luar kota.

Safrizal mengatakan jembatan yang didesain untuk bisa dilintasi kendaraan dengan tonase maksimal 10 ton tersebut, merupakan jembatan cable stayed dengan lengkung pertama di Indonesia.

"Ini adalah satu-satunya jembatan cable stayed model melengkung di Indonesia. Untuk yang lurus di Batam sudah ada," tambah Safrizal.

Jembatan yang menghubungkan antara Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala ini nantinya dapat menjadi ikon baru Provinsi Kalimantan Selatan.

Untuk itu, ia akan berdiskusi dengan pihak terkait yaitu Pemkot Banjarmasin dan Pemkab Batola, untuk menjadikan kawasan sekitar jembatan sebagai tempat wisata.

Ia memastikan kawasan di sekitar jembatan layak menjadi salah satu tempat wisata apabila ditata dengan baik, seperti penataan pinggiran sungai, yang mungkin akan dibebaskan, dan didisain untuk pembangunan siring.

Berita Terbaru