Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bencana Banjir Mulai Kepung Kecamatan Arut Utara

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 24 Agustus 2021 - 11:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Memasuki hari keempat, sejak terjadi banjir pada Sabtu, 21 Agustus 2021. Bencana banjir mulai meluas dan mengepung sejumlah wilayah di Kecamatan Arut Utara (Aruta), Kabupaten Kotawaringin Barat, Selasa 24 Agustus 2021.

Sedikitnya 40 kepala keluarga dengan jumlah 140 jiwa akhirnya diungsikan ke aula Kantor Balai Desa Sambi, Kecamatan Arut Utara, karena rumahnya terendam banjir sejak Sabtu lalu. Hal itu dilakukan karena debit air semakin tinggi hingga mencapai 170 centi meter.

Banjir kali ini disebabkan curah hujan yang sangat tinggi, serta kiriman air dari Sungai Nyomba, Sungai Dau dan Sungai Seruyan, sehingga air meluap ke pemukiman warga.

Evakuasi warga oleh Koramil, Polsek Aruta dan Pemerintah Desa Sambi sediri dilakukan secara bertahap, karena sebagian warga memilih bertahan di rumahnya dengan alasan tidak mau meninggalkan harta bendanya.

Hingga pagi ini ketinggian air semakin naik. Menyikapi hal ini pihak desa juga sudah mempersiapkan air bersih, MCK serta sembako di tempat pengungsian.

Kades Sambi, Kholidin menyampaikan dalam upaya meminimalisasi resiko pada pada warganya yang terdampak, pihaknya sudah mengungsikan semua warganya ke tempat yang lebih aman. 

Pihak desa juga terus memantau melalui pos siaga banjir yang saat ini tempatnya menjadi satu dengan pos covid-19. "Kami selalu stanby di Kantor Desa dan sebagian di Pos Siaga," jelasnya.

Banjir yang melanda Kecamatan Arut Utara meliputi Desa Sambi, Sungai Dau, Penyombaan, Panahan, Riam dan Pandau dengan ketinggian air bervariasi mulai 40 hingga 170 cm. 

Diperkirakan air dari hulu ini akan berimbas pada desa-desa di bawahnya yakni desa Gandis, Sukarami, Pangkut dan Nanga Mua.

Akses jalan menuju desa terputus oleh banjir baik ke desa Sambi, Sungai Dau, dan desa-desa di bantaran Sungai Arut. Bahkan untuk menuju Desa Sambi sedikitnya ada 12 titik di jalan negara dengan ketinggian air 1 hingga 1.5 meter.

Berita Terbaru