Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kriteria Siswa yang Ikut Asesmen Nasional 2021 di Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 25 Agustus 2021 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ada perbedaan antara Ujian Nasional dan Asesmen Nasional 2021. Jika sebelumnya siswa yang mengikuti Ujian Nasional adalah yang duduk di tingkatan terakhir, seperti kelas 6 SD, kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA, tapi pada Asesmen Nasional 2021 pesertanya justru siswa yang berada di tingkatan satu tahun sebelum kelulusan.

“Artinya, yang diuji adalah siswa kelas 5 SD, kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA. Jadi, ujian yang diberikan tidak lagi dalam satu waktu seperti Ujian Nasional, tetapi dalam satu periode belajar,” kata Kepala Dinas Pendidikan Palangka Raya, Akhmad Fauliansyah.

Hal itu disampaikan saat membuka kegiatan Rakor Asesmen Nasional berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 secara virtual di Aula UPTD Balai Tekkomdik, Rabu 25 Agustus 2021.

Dia menjelaskan, jika pada Ujian Nasional, laporan hasil tes ditentukan berdasarkan nilai setiap peserta ujian, nilai satuan pendidikan dan nilai agregat per wilayahnya.

Bedanya dengan Asesmen Nasional 2021 justru mendapatkan laporan hasil tes berdasarkan nilai satuan pendidikan dan nilai agregat per wilayah saja seperti desa, kota atau kabupaten dan provinsi.

"Soal-soal ujian yang akan diberikan saat Asesmen Nasional 2021 berfokus pada kompetensi yang lebih luas atau High-Order Thingking Skill (HOTS)," jelasnya.  (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru