Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pendidikan Barito Timur Siap Sukseskan Asesmen Nasional 2021

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 27 Agustus 2021 - 17:45 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur siap mensukseskan penyelenggaraan Asesmen Nasional (AN) tahun 2021.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan, Sabai saat menggelar rapat koordinasi secara virtual untuk persiapan AN 2021 yang diikuti oleh seluruh satuan pendidikan jenjang SD, SMP dan PKBM, pengawas sekolah dan jajaran dinas pendidikan, Jumat, 27 Agustus 2021.

"Rakor ini untuk menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 17 Tahun 2021 tentang AN serta Surat dari Dinas Pendidikan Propinsi Kalteng Nomor 421/07/AN-KTG/DISDIK/VIII/2021 tanggal 16 Agustus 2021 perihal pelaksanaan kegiatan rakor AN tingkat kabupaten/kota tahun 2021 dan akan dilaksanakan pada bulan Oktober dan Nopember tahun 2021,” terang Sabai.

Dia menjelaskan, AN merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah dan kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Hal ini seiring dengan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang tidak lagi melaksanakan Ujian Nasional atau UN.

“Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar yaitu literasi, numerasi, karakter dan kualitas proses belajar mengajar serta iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran," jelas Sabai.

Informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama yaitu asesmen kompetensi minimum atau AKM serta. survey karakter dan survey lingkungan belajar.

"AN bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid, hal ini berbeda dengan UN yang mengukur kemajuan individu siswa serta digunakan sebagai syarat kelulusan pada jenjang pendidikan tertentu,“ lanjutnya.

AN untuk jenjang SMP, MTs dan Paket B sederajat akan dilaksanakan pada tanggal 4-7 Oktober 2021, sedangkan jenjang SD, MI dan Paket A sederajat terbagi menjadi dua gelombang, yakni gelombang I pada tanggal 8-11 Nopember 2021 serta gelombang II pada tanggal 15-18 Nopember 2021. (BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru