Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislatif Kobar: Kekerasan Terhadap Anak Harus Jadi Perhatian Serius

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 30 Agustus 2021 - 05:00 WIB

 BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat, Mina Irawati meminta agar kasus kekerasan terhadap anak di bawah umur harus menjadi perhatian dan penangan serius semua pihak, terutama pemerintah daerah, sehingga tidak terjadi lagi di Kobar.

"Tentunya saya sangat prihatin dengan adanya kasus penganiayaan terhadap anak yang masih berusia 8 tahun di Kecamatan Pangkalan Banteng belum lama ini. Lebih mirisnya lagi pelakunya justru ayah kandung sendiri dan ini harus menjadi perhatian serius dari pemerintah daerah," katanya, Minggu 29 Agustus 2021.

Mina berharap kasus serupa jangan sampai terjadi lagi di Kabupaten Kotawaringin Barat, karena Kobar merupakan kota layak anak, sehingga sudah menjadi kewajiban bersama untuk memberikan perlindungan bagi anak. 

Istri Wakil Bupati Kobar ini berterima kasih kepada polres yang begitu serius menangani masalah kasus tindak pidana kekerasan terhadap anak maupun perempuan. 

Hal ini terbukti dengan banyaknya kasus kekerasan yang terungkap. Bahkan pelakunya pun di kenakan sanksi berat sesuai undang undang yang berlaku.

"Semoga hukuman yang diberikan kepada para pelaku ini menjadi efek jera bagi siapapun yang melakukan tindak kekerasan terhadap anak maupun perempuan," ungkapnya.

Politisi PDIP ini sangat prihatin sebab hingga saat ini kejadian seperti ini masih sering terjadi di masyarakat dan anak yang selalu menjadi korban, seharusnya anak mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya, bukan sebagai tempat luapan emosi. 

"Basanya anak yang menjadi korban kekerasan akan mengalami trauma yang berkepanjangan, tindakan kekerasan akan melekat dalam ingatan anak dan bisa mengganggu mentalnya dalam  waktu yang panjang, ini perlu mendapatkan perhatian khusus untuk menghilangkan rasa trauma itu, dimana anak perlu mendapatkan perlindungan dan perhatian," tuturnya.

Ia menambahkan untuk mencegah agar tidak terjadi lagi kasus kekerasan, perlu tindakan kongkrit dari pemerintah, tindakan itu bukan hanya sekedar sosialisasi, tapi harus di beri efek jera pada pelakunya. Jadi, masyarakat pun harus berperan aktif dalam mengurangi kasus kekerasan ini.

"Masyarakat jangan takut, bila mengetahui ada kejadian tindakan kekerasan segera laporkan pada pihak berwajib," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru