Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angkutan Melebihi Kapasitas Diduga Salah Satu Penyebab Kerusakan Jalan

  • Oleh Nopri
  • 05 September 2021 - 10:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran mengatakan, salah satu penyebab rusaknya sejumlah ruas jalan penghubung di wilayah provinsi karena masih adanya dugaan angkutan melebihi kapasitas yang melintas.

"Angkutan-angkutan yang melebihi kapasitas maupun yang melebihi kemampuan ruas jalan menerima volume lalu lintas, diduga menjadi penyebab utama rusaknya sejumlah ruas jalan," tegasnya, Minggu,5 September 2021.

Untuk itu, lanjut dia, diperlukan langkah tegas oleh seluruh pemangku kepentingan terlebih para bupati dan wali kota selaku kepala daerah di wilayah masing-masing. Tentunya juga didukung oleh aparat kepolisian sesuai kewenangannya, agar dapat melakukan penertiban secara maksimal terhadap angkutan-angkutan yang over kapasitas.

Menurutnya, apabila hal tersebut terus dibiarkan, maka bukan tidak mungkin lagi akan semakin banyak ruas jalan di Provinsi Kalimantan Tengah yang mengalami kerusakan.

"Perlu komitmen dan keseriusan dari kita semua untuk mencegah maslah ini, sehingga dapat menekan potensi ruas jalan yang mengalami kerusakan. Ingat jalan juga merupakan aset yang harus kita jaga dan pelihara bersama," tuturnya.

Dirinya juga meminta agar pemerintah kabupaten dan kota, dapat menjadikan masalah ini sebagai salah satu fokus utama dengan melakukan pencegahan kendaraan over kapasitas melintas di berbagai ruas jalan. (NOPRI/B-7)

Berita Terbaru