Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Harus Bina Kontraktor Lokal

  • Oleh Naco
  • 06 September 2021 - 16:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), H Ardiansyah mendorong agar kontraktor lokal mendapatkan pembinaan dari pemerintah daerah setempat. 

Pasalnya kontraktor lokal ini banyak gulung tikar terutama sebelum pandemi covid-19 lantaran tidak mendapatkan pekerjaan.

Alasannya, banyak paket proyek dijadikan proyek multiyears. Sehingga saat itu kontraktor yang mengerjakanya berasal dari luar daerah.

“Saya tetap mendorong bagaimana agar kawan-kawan di kontraktor lokal ini bisa tetap eksis untuk membangun daerahnya sendiri," kata Ardiansyah, Senin, 6 September 2021.

Maka dari itulah, pemerintah daerah harus mencari pola bagaimana agar rekanan lokal ini bisa hidup dan bertahan dengan pekerjaan dari pemerintah.

Ardiansyah kerap menerima curhatan dari kontraktor lokal itu. Ditambah dengan masa pandemi covid-19 ini membuat  para kontraktor lokal itu gulung tikar.

“Bahkan ada yang tidak bisa bayar pajak perusahaanya karena hampir beberapa tahun terakhir ini tidak ada pekerjaan yang didapatkan," ujar Ardiansyah.

Menurut politisi PAN itu, pembinaan terhadap kontraktor lokal ini seperti halnya  pemberian pekerjaan meskipun itu skala penunjukan langsung. Selain itu juga juga hendaknya dalam setiap pelaksanaan pelelangan kontraktor lokal yang harus diprioritaskan. 

"Karena logikanya kontraktor lokal ini hidup di Kotim, makan di Kotim dan  hasilnya juga dibelanjakan di daerah sehingga mendorong perekonomian di daerah itu bertumbuh dan berkembang,” kata dia.

Belum lagi tenaga kerja yang diserap apabila rekanan lokal ini bisa diberdayakan maka dampaknya akan lebih baik. Namun, kata dia bukan berarti monopoli akan pekerjaan  proyek tersebut tetapi  lebih kepada bagaimana  kontraktor lokal itu bisa bertahan.(NACO/B-11)

Berita Terbaru