Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Memberdayakan Warga Binaan Pemasyarakatan dengan Pelatihan Ternak Ayam Kampung

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 September 2021 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas mengembangkan dan memberikan pelatihan ternak ayam kampung kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kepala Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas, Toni Aji Prianto mengatakan tadinya ternak ayam itu, karena sayang melihat lingkungan beranggang yang kumuh, kenapa tidak pelihara ayam sambil dibersihkan. Ibarat kata, lanjut dia sambil menyelam minum air.

"Sampai dengan saat ini Napi yang telah mengikuti pelatihan ternak ayam ini sudah banyak dan sebagian sudah bebas, lebih dari 30 orang," katanya, Kamis 16 September 2021.

Dia berharap mereka yang sudah pernah mengikuti pelatihan bisa mendapatkan ilmu dan menerapkannya di masyarakat.

Terlebih, lanjut dia di masa pandemi Covid-19 sekarang ini sangatlah sulit untuk untuk mencari pekerjaan untuk itu tidak ada salahnya menekuni hal-hal yang awalnya sekedar hobi itu sekarang menjadi bernilai bisnis.

"Seperti ayam kampung yang tadinya hanya 5 ekor sekarang menjadi 53 ekor yang di pelihara diberanggang Rutan Kapuas," jelasnya.

Dia juga menyebutkan seperti yang sudah disampaikan salah seorang WBP ternak ayam beserta 2 orang rekannya menjelaskan ternak ayam awal modalnya hanya sedikit dan sekarang bisa menghasilkan, sehingga bisa menjadi bekal. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru