Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penyebab Mutasi Virus Menurut Ahli Epidemiologi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 20 September 2021 - 05:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Virus dapat bermutasi menjadi berbagai varian. Menurut pakar setidaknya ada tiga faktor yang mempengaruhi kondisi dan membuat virus Covid-19 dapat bermutasi.

Ketua Perhimpunan Ahli Epidemilogi Indonesia (PAEI) Cabang Kalteng, Rini Fortina mengatakan tiga faktor tersebut adalah agen, host dan lingkungan.

"Jadi didalam segitiga epidemilogi itu, (ada) keterkaitan antara agen penyakit, kemudian host atau manusia/pembawa dan yang ketiga adalah faktor lingkungan. Inilah yang memicu wabah dan dia bermutasi ke berbagai bentuk," sebut Fortina.

Sedangkan terkait anggapan berbagai kalangan terkait Covid-19 merupakan konspirasi ataupun senjata biologis, menurutnya harus ada hasil konkrit yang membuktikannya.

Ia menjelaskan secara epidemiologi terkait Covid-19 terhubung di seluruh dunia. Bahkan rumusnya dan asosiasinya juga sama dalam meneliti Covid-19, semuanya itu dirangkum menjadi satu dan pusatnya badan kesehatan dunia WHO.

"Semua negara tergabung di situ. Di sana semua pakar berkolaborasi. Kita punya banyak sekali ilmuan tersebar di universitas besar di Indonesia. Semuanya tergabung asosiasi untuk penelitian Covid-19 ini," sebutnya.

"Artinya sampai hari ini juga tidak ada bukti juga yang kita peroleh bahwa ini senjata biologi. Ini merupakan mutasi dari munculnya agen penyakit karena ada tekanan," tambahnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru