Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Gunung Mas Laksanakan Operasi Patuh Selama 14 Hari, ini Sasarannya

  • Oleh Magang 1
  • 20 September 2021 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Kepolisian Resor (Polres) Gunung Mas (Gumas) melaksanakan Operasi Patuh Telabang Tahun 2021. Operasi itu dimulai dari 20 September hingga 3 Oktober 2021 mendatang.

Kapolres Gumas AKBP Irwansah melalui Kasat Lantas AKP Azmi Halim Permana mengatakan, pelaksanaan Operasi Telabang ini melibatkan stakeholder terkait, yakni TNI, Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan, dan Perhubungan (DLHKP), dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

”Dalam operasi patuh ini, kami akan lebih mengedepankan persuasif, edukatif, sosialisasi, dan imbauan, yakni 80 persen persuasif dan edukasi dan 20 persen berupa penindakan, baik itu teguran hingga tilang,” ujarnya, Senin, 20 September 2021.

Ada 4 sasaran atau fokus operasi ini, yakni segala bentuk kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan klaster baru Covid-19, tidak patuh terhadap protokol kesehatan (prokes), tidak disiplin dalam berlalu lintas, serta lokasi rawan pelanggaran, kecelakaan lalu lintas (lakalantas), dan tempat rawan berkerumun.

Sejauh ini, tindakan persuasif, edukatif, sosialisasi, dan imbauan yang sudah dilakukan dalam operasi patuh telabang, yakni pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker. Intinya mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi prokes, tertib, dan disiplin berlalu lintas.

Untuk penindakan dalam operasi patuh ini, bersifat selektif prioritas dengan pelanggaran yang memiliki fatalitas tinggi jika terjadi kecelakaan, seperti tidak memakai helm, melawan arus, tidak menggunakan sabuk pengaman, dan berkendara dalam keadaan mabuk.

”Dalam hal penindakan pelanggaran, kami akan selektif prioritas. Tidak semua pelanggaran diberikan teguran maupun tilang, tetapi kami juga melihat situasi kondisi yang terjadi pada saat itu,” tukasnya. (MAGANG/B-11)

Berita Terbaru