Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Warga Binaan Lapas Pangkalan Bun Jalani Vaksinasi Dosis Kedua

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 23 September 2021 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai upaya membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok di lingkungan Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun, Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar vaksinasi Covid-19 dosis kedua untuk warga binaan.

Penyuntikan vaksin dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kobar, dengan jumlah sasaran awal 606 warga binaan. Namun, pada saat dosis pertama, beberapa warga binaan tidak lolos administrasi maupun screaning.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas ll B Pangkalan Bun Mukhtar menjelaskan, dari ratusan warga binaan itu, 495 lolos administrasi. Namun setelah dilakukan screening kesehatan, hanya 481 orang yang bisa menerima vaksin Covid-19 dari Dinkes Kobar.

"Jadi ini merupakan vaksin dosis kedua, memang pada saat pemeriksaan awal ada beberapa warga binaan yang tidak lolos administrasi dan juga kesehatannya kurang prima, ada yang demam, batuk, pilek, dan lain-lain, sehingga belum bisa menerima vaksin," kata Mukhtar pada Kamis, 23 September 2021.

Oleh sebab itu, pihaknya akan meningkatkan pemantauan kesehatan warga binaan, supaya vaksinasi selanjutnya dapat segera merata di Lapas Kelas llB Pangkalan Bun.

Selain itu, pihaknya juga akan menjalin koordinasi dengan keluarga warga binaan baru, terkait dengan data diri dan administrasi. Sebab, ada sejumlah warga binaan baru yang data administrasinya kurang lengkap.

"Karena saat ini kami juga masih menerima tahanan baru, sehingga memerlukan penyesuain data yang didapatkan dari Polres, dengan peran aktif keluarga warga binaan terkait data diri dan administrasi,” jelas Mukhtar saat dikonfirmasi dilokasi.

Sementara itu, dokter Lapas Pangkalan Bun dr Happy membenarkan adanya warga binaan yang mengalami deman, batuk, dan lainnya. Sehingga proses vaksinasi pun harus ditunda, sampai kondisinya benar-benar prima.

"Untuk menciptakan herd immunity di lingkungan Lapas Pangkalan Bun, paling tidak 70 persen warga binaan harus sudah mengikuti vaksinasi Covid-19," tuturnya.

Dalam vaksinasi kali ini yang digunakan adalah vaksin Moderna. Selain menyasar untuk warga binaan, vaksin juga untuk keluarga petugas lapas. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru