Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Kejar Target Cakupan Jaminan Kesehatan

  • Oleh Hendri
  • 28 September 2021 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya berkomitmen mengejar target mencapai cakupan jaminan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) untuk memastikan setiap masyarakat memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan.

"Sesuai arahan dan petunjuk Walikota kita tetap komitmen untuk mengejar ketertinggalan target capaian UHC ini," kata Sekda Palangka Raya, Hera Nugrahayu dalam rapat Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama (FKPKU) Semester II, Selasa 28 September 2021.

UHC bertujuan untuk kesetaraan dalam mengakses layanan kesehatan. Semua orang akan mendapatkan layanan yang dibutuhkan, tidak hanya terbatas bagi mereka yang dapat membayar layanan tersebut.

"Dengan adanya UHC, kualitas layanan kesehatan penerima layanan akan semakin baik dan masyarakat terlindungi dari risiko finansial," ungkapnya.

Dia mengakui UHC ini masih belum sempurna dan belum mengcover penerima manfaat seperti Kartu Indonesia Sehat dan Kartu JKN yang dikhususkan bagi masyarakat golongan rendah sebagai penerima manfaat.

"Target kita 95 persen masyarakat masuk dalam UHC namun sampai September baru 84,33 persen. Meski jumlahnya cukup baik namun masih diperlukan inovasi agar semua tercapai,"  jelasnya.

Komitmen pemerintah daerah dalam pencapaian UHC bukan hal baru lagi, karena sejak setahun lalu pemerintah dan BPJS telah menandatangani komitmen atas pembiayaan jaminan kesehatan melalui APBD. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru