Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Saat Covid-19 Menjadi Endemi, Aktivitas Bisa Berjalan Normal

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 09 Oktober 2021 - 15:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah melalui Satgas Covid-19 Pusat telah menyiapkan berbagai langkah untuk mengantisipasi skenario perkembangan pandemi Covid-19 dalam jangka panjang, termasuk potensi wabah Covid-19 akan berubah dari pandemi menjadi endemi.

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah (Kalteng), Suyuti Syamsul menjelaskan pandemi merupakan satu kasus penyakit yang menjangkau wilayah yang sangat luas.

Namun dengan sistem kekebalan tubuh yang terus membaik, maka penyakit tersebut akan semakin berkurang dampaknya, sehingga berubah menjadi endemi.

Suyuti menilai nantinya jika pandemi Covid-19 benar benar sudah berubah menjadi endemi tidak akan memberi pengaruh yang signifikan ke aktifitas, kegiatan dapat berjalan dengan normal.

“Kami harap Covid-19 bisa menjadi endemi sehingga kita bisa hidup dan bekerja normal, meskipun ada satu atau dua orang yang sakit,” jelasnya.

Hal ini dinilai sudah mulai terlihat dimana angka konfirmasi mulai menurun rata-rata 20-an kasus. “Dengan berubah menjadi endemi, sesekali akan terjadi KLB, tapi dampaknya tidak akan meluas lagi,” jelasnya kemarin. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru