Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Timbulan Sampah di Palangka Raya 140 Ton Sehari

  • Oleh Hendri
  • 12 Oktober 2021 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya Achmad Zaini mengungkapkan timbulan sampah di kota itu tidak kurang dari 140 ton setiap harinya.

"Sesuai jumlah penduduk dengan produksi sampahnya setengah kilo per orang maka total timbulan sampah tidak kurang 140 ton sehari," katanya.

Hal itu disampaikan Zaini saat peresmian Tempat Pembuangan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS-3R), Selasa 12 Oktober 2021. TPS tersebut berada di Jalan Merdeka, Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya.

Oleh sebab itu, pihaknya membuat berbagai kebijakan strategis untuk mengurangi timbulan sampah dengan TPS 3R. Sebab, jika tidak tertangani dengan baik, hal itu akan menjadi beban bagi lingkungan.

"Pengurangan sampah harus melibatkan seluruh elemen masyarakat dan pelaku usaha agar sebisa mungkin membatasi produksi sampah khususnya yang sulit terurai oleh alam," ujarnya.

Fokus yang menjadi tujuan dalam upaya pengurangan timbulan sampah tersebut yakni tekad untuk mewujudkan kota yang maju dan modern dengan pengajewatan misi pembangunan menuju lingkungan cerdas. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru