Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Upayakan Percepatan Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa 2021

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 12 Oktober 2021 - 20:41 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) saat ini terus berupaya guna percepatan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tahun anggaran 2021, sehingga penggunaanya dapat lebih optimal dan manfaatnya dapat segera dinikmati oleh masyarakat. 

Dalam hal ini Pemkab Kobar melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) pun telah gelar Focus Group Discussion (FGD) pada Jumat, 8 Oktober 2021 tentang percepatan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa 2021. 

Kegiatan dipimpin langsung oleh Bupati Nurhidayah, serta turut hadir pula Sekda Suyanto, Kepala Kantor Wilayah Direkotrat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalteng, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Pangkalan Bun, Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran Kanwil DJPb Provinsi Kalteng, Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Kanwil DJPb Provinsi Kalteng, Inspektur Kobar, Kepala Bappeda, Kepala BPKAD dan seluruh peserta FGD DAK Fisik dan Dana Desa dari setiap SOPD Pengelola DAK yang ada di Kabupaten Kobar. 

Nurhidayah menyampaikan apresiasi kepada BPKAD, sebagai entitas pelaporan yang telah mengonsolidasi seluruh laporan keuangan SKPD, inspektorat yang telah bekerja keras melakukan review atas laporan keuangan. 

"Saya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh SKPD yang telah menjalankan semua mata anggaran, sesuai dengan ketentuan yang berlaku," katanya. 

Jadi Pemkab Kobar bisa memperoleh capaian opini Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Kalimantan Tengah. 

Nurhidayah mengatakan sampai saat ini dana yang sudah disalurkan dari pemerintah pusat Rp 133.028.694.495, atau sekitar 56 persen dari total pagu DAK Fisik dan Rp 67.923.694.000, atau sekitar 79,63 persen dari total pagu dana desa yang telah disalurkan. 

Kepala BPKAD Kobar, Rochim Hidayat mengatakan dari 18 sub bidang yang dikelola Pemkab Kobar, terdapat 14 sub bidang yang disalurkan secara bertahap, sementara sisanya penyaluran dilakukan secara campuran atas rekomendasi kementerian/lembaga. 

"Saat ini Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat juga telah memproses pengajuan Penyaluran Dana Desa untuk BLT Desa bulan ke-10 sampai dengan bulan ke 12 untuk seluruh Desa, penyaluran tahap II untuk 9 desa dan Penyaluran tahap III untuk 1 desa," katanya 

Rochim sangat bersyukur bahwa apa perolehan yang bagus saat ini merupakan hasil kerja keras bersama, semoga di tahun berikutnya LKPD kita bisa lebih baik lagi dari pada tahun ini sehingga bisa memperoleh opini WTP lagi. 

Jika terdapat 3 sub bidang yang sedang proses untuk penyaluran dana Tahap III, 5 sub bidang yang telah salur dana Tahap II dan 6 sub bidang yang sedang proses untuk salur dana tahap II.

Pemkab Kobar juga terus melakukan upaya-upaya guna percepatan penyaluran dana desa agar dana desa segera dapat tersalurkan seluruhnya dan sehingga penggunaanya dapat lebih optimal dan manfaatnya dapat segera dinikmati oleh masyarakat. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru