Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kekayaan Budaya Milik Kalteng Harus Dipelihara dengan Baik

  • Oleh Donny Damara
  • 15 Oktober 2021 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno mengatakan kekayaan budaya yang dimiliki provinsi ini harus dapat dipelihara dengan baik.

Salah satunya, situs budaya yang menyimpan nilai sejarah dan makna yang tinggi. Hal itu bertujuan agar generasi penerus dapat mengenal dan mempelajari kebudayaan di provinsi ini.

"Di Kalteng sendiri ada banyak situs budaya yang perlu dilestarikan. Contohnya rumah betang," kata dia, Jumat, 15 Oktober 2021.

Dia menjelaskan, ada banyak filosofi yang terkandung di dalam rumah betang. Dan banyak juga yang dapat dipetik dari falsafah rumah betang tersebut.

Hal-hal yang dapat dipelajari di antaranya rumah betang mengajarkan hidup bermasyarakat harus dalam kebersamaan tanpa membedakan suku, agama, ras, serta antar golongan.

"Artinya semuanya dapat bersatu meski ada perbedaan. Inilah makna yang sangat mendalam yang terkandung dalam rumah betang," tuturnya.

Dia juga berharap agar keberadaan rumah betang bisa mendapat perhatian serius dari pemerintah, karena merupakan aset yang perlu dilestarikan.

"Yang kita ingin budaya leluhur di Kalteng ini terus terpelihara dan lestari, agar tidak terkikis oleh perkembangan zaman," tandasnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru