Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seluruh Puskesmas di Kotim Gelar Cuci Tangan Bersama Serentak

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 15 Oktober 2021 - 19:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar aksi cuci tangan serentak. Ini dalam rangka memperingati hari cuci tangan pakai sabun sedunia tahun 2021.

Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kotim, Nugroho Kuncoro Yudho mengungkapkan, dari 21 puskesmas, ada 18 Puskesmas yang melaksanakan. Sedangkan 3 puskesmas terkendala kondisi alam dan terbentur jadwal kegiatan lain.

"Puskesmas yang melaksanakan kegiatan ini tersebar di sejumlah kecamatan. Ada juga yang melaksanakan tidak di sekolah-sekolah," kata Nugroho yang juga Plt Kepala Puskesmas Ujung Pandaran ini, Jumat, 15 Oktober 2021. 

Kegiatan juga diisi dengan senam bersama, penyuluhan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), penerapan protokol kesehatan dan cuci tangan, serta praktik cuci tangan bersama. Tidak kalah menariknya, sebagian Puskesmas ada yang melaksanakan kreasi kegiatan dengan membubuhkan cap tangan di kain bagi anak TK.

Adapun Puskesmas yang melaksanakan kegiatan ini yakni Puskesmas Ujung Pandaran di halaman SDN 3 Lampuyang, Puskemas Samuda di TK Pertiwi, Puskesmas Bapinang di TK/RA Darul Musyawarah, Puskesmas Bagendang di SDN 2 Natai Baru, SDN 3 Bagendang Hilir, SDN 2 Bagendang Hilir, SDN 1 Bagendang Hulu, SDN 2 Bagendang Hulu, SDN 1 Ramban, SDN 2 Sumber Makmur, dan MIS Miftahul Huda.

Kemudian Puskesmas Ketapang I di SDN 3 Mentawa Baru Hulu, Puskesmas Ketapang II di SDN 6 Ketapang, Puskesmas Pasir Putih di Halaman SDN 4 Sawahan, Puskesmas Mentaya Seberang di halaman SDN 2 Mentaya Seberang, Puskesmas Baamang I di halaman SDN 3 dan SDN 7 Baamang Hilir.

Puskemas Baamang II di halaman SDN 11 Baamang Tengah, Jalan Tidar 6 Kelurahan  Baamang Barat, Puskesmas Kota Besi di halaman TK Pembina Kota Besi Hilir dan SDN 2 Kota Besi Hilir, Puskesmas Sebabi di halaman SDN 1 Penyang, Puskesmas Cempaka Mulia di halaman Kantor Desa Cempaka Mulia Timur dan SDN 1 Cempaka Mulia Barat.

Puskemas Parenggean II di halaman Balai Desa Karang Sari, Puskemas Tualan Hulu di halaman Kantor Camat Tualan Hulu, Puskesmas Tumbang Penyahuan di halaman SDN 1 Tumbang Penyahuan dan SDS Eka Cipta Bukit Santuai, Puskesmas Tumbang Sangai di halaman SDN 1 Tumbang Sangai serta Puskesmas Tumbang Kalang di halaman SDN 1 Bhakti Karya.

"Harapannya dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran anak dan masyarakat setempat akan kebersihan. Salah satunya dengan mencuci tangan menggunakan sabun," pungkasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru