Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Komisi III Sebut Jika Ingin Pendidikan di Kalteng Maju ini Caranya

  • Oleh Donny Damara
  • 19 Oktober 2021 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing menyebutkan jika ingin sektor pendidikan di Kalteng ini maju maka caranya pemerintah harus bisa menyiapkan anggaran yang memadai.

Menurutnya apa yang dilakukan pemerintah selama ini, dalam hal penganggaran untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan masih dirasa belum berdampak begitu signifikan.

"Pendidikan di Kalteng akan maju apabila anggaran yang dipersiapkan diatas 30 sampai 40 persen. Jika dibawah itu maka tidak akan berpengaruh, tetap seperti ini saja," kata Duwel, Selasa 19 Oktober 2021.

Dia menjelaskan dari total pembangian anggaran APBD selama ini untuk sektor pendidikan yaitu 28 persen dinilai hanya untuk memenuhi syarat perundang-undangan saja yakni mininal 20 persen, dan tidak akan berdampak apa-apa terhadap kemajuan pendidikan di provinsi ini.

Selain itu apabila pemerintah hanya fokus pada pembukaan keterisolasian dengan menggencarkan pembangunan infrastruktur jalan dan jempatan saja dan tidak mempersiapkan SDM yang memadai, dimungkinkan akan berdampak pada pelemahan kualitas SDM di Kalteng.

"Dan misalkan infrastruktur itu baik, namun tidak bisa dimanfaatkan masyarakat kita maka percuma saja. Justru yang terjadi infratruktur tersebut dimanfaatkan oleh orang luar yang memiliki segudang pengalam dan pendidikan jauh lebih berkualitas," imbuhnya. (DONNY D/B-5)
 

Berita Terbaru