Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Kwarcab Pramuka Kapuas Lantik Ketua Mabiran dan Buka KMD di Basarang

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 24 Oktober 2021 - 19:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kapuas, Suwarno Muriyat mengukuhkan dan melantik Camat Basarang, Mudjiono menjadi Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Ketua Kwartir Ranting (Kwaran), Taufik.

Juga dilantik Ketua Harian Mabiran, Sukamto serta Kapolsek, Danramil, Kepala KUA, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat selaku Anggota Mabiran, di Kecamatan Basarang.

Ketua Kwarcab juga membuka kegiatan pembinaan Kursus Mahir Dasar (kepramukaan), bertempat di SMPN 2 Basarang.

Suwarno menyampaikan bahwa KMD terpadu dengan Undang-undang nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib jenjang Dikdasmen agar mempercepat pencapaian program pendidikan hebat Kapuas cerdas.

"Saya harapkan agar peserta KMD mengikuti seluruh rangkaian kursus agar terjadi peningktan kualitas dan kuantitas pembina gugusdepan yang disampaikan oleh para pelatih dari Pusdiklatda Kalteng dan Pusdiklatcab Kapuas," katanya, Minggu 24 Oktober 2021.

Dia menuturkan, komunitas guru penggerak juga akan menguraikan tentang “Merdeka Belara” empat kompetensi (pedagodi, sosial, kepribadian dan profesional) dalam pembelajaran berbasis digital.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, Eriyanto menyampaikan jika KMD yang akan berlangsung selama lima hari diikuti sebanyak hampir 62 peserta yang sehari-hari bertugas sebagai Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru TK/PAUD, SD, SMP dan SMA sederajat se Kecamatan Basarang.

Sementara itu Kepala Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Kapuas Sri Candra Nilawati, mengutarakan jika KMD kali ini dihadiri pula Kepala Pusdiklatda Kalimantan Tengah.

“Alhamdulillah Kak Hidayatullah dan Kak Sisca Amelia dari Pusdiklatda Kalimantan Tengah hadir sebagai pemateri KMD serta Kak Ketut Witra selaku pimpinan kursus dan seluruh pelatih yang tergabung dalam Korps Pelatih dan Pusdiklatcab Kapuas,” ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru