Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dorong Penguatan Pasar Tradisional Sebagai Wadah Ekonomi Masyarakat

  • Oleh Naco
  • 29 Oktober 2021 - 11:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Fraksi PAN DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) menegaskan perlu perlindungan dan penguatan terhadap pasar tradisional saat ini. Sebab, itu merupakan wadah perekonomian masyarakat banyak.

“Fraksi PAN mengajak untuk senantiasa menjaga konsistensi satu tekad dan satu perbuatan sebagai bentuk kesadaran untuk memberikan perlindungan serta penguatan terhadap pasar tradisional tanpa diskriminasi terhadap toko modern,” kata Suprianto, juru bicara Fraksi PAN.

Apalagi bila bercermin pada kondisi perekonomian daerah dan nasional saat ini yang sedang mengalami perlambatan akibat pandemi covid- 19 ini, khususnya pada sektor perdagangan.

Menurutnya, Fraksi PAN berpendapat pembahasan dua  ranperda yang berkaitan dengan pasar dan produk unggulan merupakan langkah penting dan tepat. 

Keduanya adalah salah satu instrumen yang dapat menggerakkan roda perekonomian, mulai dari pengaturan, perencanaan, pembangunan, pengembangan sampai pada transaksi perdagangan barang dan jasa di Kabupaten Kotim.

Fraksi mereka mendukung peenguatan pasar itu sebagaimana yang dituangkan dalam raperda perusda pasar. Dalam pengembangan pasar perusda khususnya yang diintegrasikan dengan properti dengan pola mix used, jangan sampai mengurangi tugas dan misi dari pendirian perusahaan untuk menyediakan pasokan kebutuhan pokok masyarakat kabupaten kotawaringin timur, stabilitas dan keterjangkauan harga barang kebutuhan pokok di daerah serta membina dan mengembangkan pedagang kecil.

Sedangkan dalam hal pengelolaan pasar, sangat dimungkinkan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin timur untuk melakukan peningkatan sarana prasarana yang tersedia, sehingga kesan pasar tradisional tidak kumuh, penataan ruang yang memadai, kebutuhan tempat sampah dan jalur aktivitas keluar masuk pasar. (NACO/B-11)

Berita Terbaru