Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kobar Hadiri Panen Raya Hasil Budidaya Kelompok Wanita Tani Mandiri Bersatu

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 02 November 2021 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Nurhidayah menghadiri panen raya hasil budidaya Kelompok Wanita Tani (KWT) Mandiri Bersatu, di RT 13, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa, 2 November 2021.

KWT Mandiri Bersatu beranggotakan para ibu - ibu rumah tangga tersebut, berhasil mengembangkan tanaman sayur dan perikanan, sehingga mampu meningkatkan perekonomian warga setempat.

Kegiatan syukuran tersebut, juga digelar dengan tema adat dan budaya, jadi para tamu undangan yang hadir menggunakan baju adat dari berbagai daerah dan juga dipersembahkan tari daerah salah satunya tarian dari Banyumas yaitu tari Gambyong.

Kelompok KWT Mandiri Bersatu tersebut, merupakan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang dibina oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kobar, serta dukungan aspirasi dari Anggota DPR RI Bambang Purwanto.

Dalam sambutannya, Bupati Kobar Nurhidayah menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut, serta memberikan dukungan agar pemanfaatan lahan pekarangan rumah dapat diikuti oleh para ibu - ibu rumah tangga lainnya.

"Kita melihat program P2L ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terlebih ditengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, yaitu untuk ketahanan pangan keluarga," kata Bupati Kobar.

Lanjutnya, dengan pemanfaatan lahan pekarangan untuk menanam sayur, maka uang yang awalnya untuk kebutuhan belanja sayur maka dapat dimanfaatkan untuk belanja kebutuhan yang lain. Jadi, selain untuk ketahanan pangan keluarga, ternyata juga mampu untuk menekan biaya pengeluaran belanja.

"Jadi ibu berharap, semoga program ini terus berkelanjutan, terimakasih semangatnya para ibu - ibu KWT Mandiri Bersatu, semoga selain daripada sayur dan juga perikanan, olahan atau kreasi lain juga dapat diciptakan," ungkapnya.

Usai memberikan sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan memanen bersama tanaman sayur yang ada di demplot milik KWT Mandiri Bersatu.

Turut hadir dalam panen raya, Kepala DKP, Camat Arsel, Kadis Pariwisata, Lurah Sidorejo, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru