Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Siap Bantu Biaya Perawatan ODGJ di Rumah Sakit Jiwa

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 November 2021 - 16:35 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), siap biaya perawatan warga daerah ini yang mengalami gangguan jiwa, di rumah sakit jiwa. 

Hal itu sebagai langkah agar Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) tidak di pasung. Karena dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Sementara belum ada Rumah Sakit Jiwa di Kotim, maka Dinas Kesehatan melalui Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani melakukan pengecekan kesehatan dan pengobatannya," ujar Bupati Kotim Halikinnor, Jumat, 05 November 2021. 

Dirinya sudah memerintahkan pihak Dinas Sosial, untuk mendata dan melakukan pendekatan kepada keluarga ODGJ. Hal itu dilakukan agar bisa diberikan perawatan oleh pihak puskesmas atau diantar ke Rumah Sakit Jiwa di Palangka Raya serta Banjarmasin. 

Hal tersebut sebagai upaya untuk menghindari adanya pemasungan terhadap ODGJ di Kotim. Melihat beberapa waktu lalu seorang laki-laki yang mengalami gangguan jiwa, baru dilepas dari pasung selama 5 tahun. 

"Saya harap ini tidak terjadi lagi, dan Pemkab Kotim akan berupaya maksimal untuk memperhatikan masyarakat yang mengalami gangguan jiwa," terang Halikinnor. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru