Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Depok Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Wali Kota Palangka Raya Ikuti Peringatan Hari Pahlawan

  • Oleh Hendri
  • 10 November 2021 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah menghadiri Upacara Ziarah dan Tabur Bunga Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021 tingkat Provinsi Kalteng di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sanaman Lampang, Rabu 10 November 2021.

Upacara ziarah dan tabur bunga sebagai tanda penghormatan kepada jasa para pahlawan yang telah berjuang dan bersatu padu mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan oleh seluruh peserta upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, berikut peletakan karangan bunga oleh Inspektur upacara. Bertindak selaku Inspektur upacara yaitu Komandan Korem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Yudianto Putrajaya.

Prosesi upacara dilanjutkan dengan pembacaan doa dan diakhiri tabur bunga oleh seluruh rombongan ziarah di atas makam para Pahlawan. Upacara ziarah dan tabur bunga pun berlangsung khidmat.

Usai mengikuti upacara, Umi mengimbau kepada semua pihak untuk bersatu padu tanpa membedakan perbedaan baik suku, agama, ras dan golongan. Melalui peringatan hari pahlawan, tambahnya, haruslah dimaknai sebagai bagian dari perjuangan kita sebagai penerus cita-cita pahlawan.

"Dan dengan adanya pandemi Covid-19 dan bencana alam, tentu itu jadi perjuangan dalam bentuk lain. Kalau dulu melawan penjajah, sekarang perjuangan untuk mewujudkan cita-cita pahlawan meskipun kita selalu diiringi situasi yang tak mendukung, namun itulah upaya perjuangan kita," ujar Umi.

Di sisi lain, dirinya mengatakan peran pemuda sangat penting dalam mengisi pembangunan Kalteng khususnya Kota Palangka Raya. Bagi generasi muda supaya terus mengembangkan inovasi, kreatifitas, di dalam mengisi pembangunan yang ada di Kota Cantik.

"Kita kembangkan, kita sampaikan kepada anak- anak sekolah pentingnya jasa para pahlawan di sini. Jadi ada jiwa nasionalis patriotisme dari generasi muda untuk memberikan semangat kepada pahlawan yang telah gugur mendahului kita untuk kemerdekaan itu," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru