Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Pangkalan Bun akan Lepasliarkan Buaya Sapit Ukuran 3 Meter ke Suaka Marga Satwa Lamandau

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 10 November 2021 - 19:31 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Setelah menerima buaya jenis Sapit sepanjang 3 meter dari BKSDA Kalimantan Tengah, rencananya BKSDA SKW II Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat akan melepas liarkan buaya ini ke Suaka Marga Satwa Lamandau.

Kepala BKSDA SKW II Pangkalan Bun, Dendi Setiadi mengaku telah menerima buaya hasil penyerahan dari warga. Sebelum dilepasliarkan, pihaknya akan memastikan terlebih dulu kesehatan buaya berkelamin betina tersebut.

"Buaya kita cek kesehatannya dulu dan setelah dinyatakan sehat maka buaya ini akan dilepas liarkan ke habitat alaminya di Suaka Marga Satwa Lamandau, Kabupaten Kotawaringin Barat" kata Dendi Setiadi, Rabu 10 November 2021.

Dendi menjelaskan pada Selasa 9 November 2021, Tim WRU SKW II Pangkalan Bun dan OF-UK melakukan evakuasi dan pengangkutan buaya Sapit.

Evakuasi ini merupakan tindaklanjut dari laporan salah satu anggota Polsek Parenggean pada 6 November 2021 ke Pos Sampit, tentang pemeliharaan 1 ekor buaya sapit yang ingin diserahkan warga, di Desa Beringin Tunggal Jaya, Kecamatan Parenggean.

Menurut keterangan warga yang menyerahkan, buaya itu ditemukan di Sungai Rege, wilayah Desa Selucing, Kecamatan Mentaya Hulu, Kotawaringin Timur saat mencari ikan di 2015 lalu dibawa pulang dan dipelihara.

"Jadi warga ini sudah 6 tahun memelihara buaya tersebut di dalam kolam yang terbuat dari beton," ungkapnya.

Namun karena kawatir buaya akan membahayakan bagi anak-anak yang sering main di kolam pemeliharaan buaya, maka ia berinisiatif menyerahkan dan melaporkan ke Polsek Parenggean. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru