Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Air Laut Pasang Genangi Pemukiman Warga Desa Sungai Undang, Ketinggian Air Capai 1 Meter

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 11 November 2021 - 11:05 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Air  laut  yang sedang pasang menggenangi pemukiman warga di Desa Sungai Undang, Kecamatan Seruyan Hilir, Rabu malam hingga Kamis dini hari, 11 November 2021.

Pemukiman warga yang berada di wilayah bantaran sungai Seruyan ini, sudah mulai tergenang akibat air pasang laut dalam dua hari terakhir.

Kepala Desa  Sungai Undang, Ikhwan Arifin menyampaikan, akibat luapan air laut  yang pasang hampir 70 persen pemukiman warga di desa setempat tergenang.

“Tadi malam yang terparah, ketinggian air hampir mencapai 1 meter dari permukaan jalan, sehingga banyak rumah warga yang ikut tergenang, “ katanya, Kamis, 11 November 2021.

Ikwan menuturkan, pasang air laut mulai meninggi sekitar pukul 22.00 Wib dan surut  sekitar pukul 03.00 Wib dinihari.

Menurutnya, pasang air laut yang terjadi, ditambah dengan  tingginya intensitas hujan mengakibatkan volume air semakin tinggi hingga ke jalan dan pemukiman.

“Fenomena alam pasang air  laut ini  jika diamati merupakan siklus tahunan, namun untuk tahun ini yang paling parah,“ ungkapnya.

Kepada warga ia mengimbau agar berhati hati. Pada saat terjadi genangan agar peralatan elektronik diamankan, kemudian menutup lubang yang berpotensi masuknya binatang berbahaya.

“Kami minta kepada warga untuk tetap bersiaga hingga air dipastikan  surut dan  bisa membantu tetangga sekitar apabila memerlukan bantuan untuk mengamankan barang miliknya,“ tandasnya. (FAHRUL/B-5)

Berita Terbaru