Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keselamatan Pengguna Jalan Jadi Fokus Perhatian Polri

  • Oleh Ramadani
  • 15 November 2021 - 20:25 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Wakapolres Barito Utara, Kompol Marharsono mengatakan, salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan, kata dia, memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas.

“Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas,” terangnya menyampaikan sambutan Kapolda Kalteng, Irjen Pol Nanang Avianto pada apel gelar pasukan yang dilaksanakan di Mapolres Barito Utara, Senin, 15 November 2021.

Keselamatan dalam berlalu lintas, lanjut dia, memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. Hal itu dapat ditunjukkan dari political will pengguna lalu lintas. Kesadaran pengguna lalu lintas, baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor maupun pengguna jalan lainnya dinilai masih rendah.

Data jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda Kalteng berdasarkan aplikasi Integrated Road Safety Management System (IRSMS) yang dikelola Ditlantas Polda Kalteng pada tahun 2020, ada 711 kejadian dengan korban meninggal dunia 270 orang, luka berat 84 orang dan luka ringan 697 orang.

“Dibandingkan pada tahun 2019 sebanyak 964 kejadian. Terjadi penurunan jumlah laka (kecelakaan) sebesar 253 kejadian atau turun 26 persen,” ucapnya.

Untuk jumlah pelanggaran lalu lintas pada tahun 2020 yakni 16.962, terjadi penurunan sejumlah 25.746 pelanggaran atau menurun 60 persen jika dibandingkan tahun 2019 yang berjumlah 42.708 pelanggaran.

Disampaikannya pula, pelaksanaan operasi zebra tahun ini masih dalam kondisi pandemi covid-19 sehingga tujuan operasi kali ini selain untuk meningkatkan budaya tertib berlalu lintas, juga dituntut menjaga disiplin protokol kesehatan pada masyarakat.

“Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran corona virus disease (covid-19) serta mewujudkan kamseltibcarlantas yang mantap,” tuturnya. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru