Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada, Ada Pertumbuhan Awan Hujan Signifikan di Kotawaringin Timur

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 16 November 2021 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Potensi terjadinya hujan di Kotawaringin Timur (Kotim) makin tinggi. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit mendeteksi adanya pertumbuhan awan hujan signifikan di wilayah itu. 

"Citra satelit cuaca Himawari-8 Infra Red Enhanced pukul 07.00 tadi menunjukkan pertumbuhan awan hujan signifikan di Kotim," ungkap Kepala BMKG Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, Musuhanaya, Selasa, 16 November 2021. 

Pertumbuhan awan hujan signifikan terjadi di sejumlah kecamatan di antaranya Teluk Sampit, Pulau Hanaut, Mentaya Hilir Selatan, Mentaya Hilir Utara, Seranau, Baamang, Mentawa Baru Ketapang, Telawang, dan Kota Besi. 

Kondisi ini berpotensi memperparah banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di kabupaten itu. Apalagi saat ini berdasarkan prakiraan Dasarian II November 2021 Kotim sejumlah wilayah masuk potensi banjir kategori menengah. 

Tambah Musuhanaya, bila melihat dari kondisi saat ini, informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim saat ini sudah ada beberapa titik desa di kecamatan yang ada di Kotim terdampak banjir dan sejumlah wilayah di dalam kota. Di beberapa titik juga sempat terjadi banjir genangan akibat dari hujan intensitas lebat beberapa hari yang lalu dan ditambah dengan posisi pasang maksimum air laut.

"Dengan adanya potensi peningkatan curah hujan pada periode musim hujan tersebut maka perlu kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap dampak yang berpotensi terjadi seperti banjir," tandasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-5) 

Berita Terbaru