Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPMPTSP Kapuas Dorong Kemitraan Usaha Skala Besar dan UMKM Terkait Penanaman Modal

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 18 November 2021 - 11:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kapuas telah melaksanakan sosialisasi kebijakan penanaman modal untuk mendorong Kemitraan usaha Skala besar dengan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Plt Kepala DPMPTSP Kabupaten Kapuas, Gerek, didampingi Narasumber yang juga Ketua Kapuas Maju Kapuas Bisa Community, Yadin Karyawasdi Muin dan Kepala Seksi Evaluasi dan Pembinaan Pelaksanaan Penanaman Modal, Muriani serta dihadiri peserta yang terdiri dari para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Kapuas.

Gerek mengatakan tujuannya adalah meningkatkan kualitas DPMPTSP Kabupaten Kapuas dalam memfasilitasi pelaksanaan Penanaman Modal dan meningkatkan pemahaman pelaku usaha mengenai ketentuan pelaksanaan penanaman modal.

“Memberikan motivasi kepada UMKM, kemudian memberikan contoh dan suri taudalan bagi para UMKM dari segi managemen, pemasaran maupun dari segi managemen membentuk prodak bagaimana menarik minat pasar,” katanya, Kamis, 18 November 2021.

Gerek menyampaikan UMKM yang ada harus membentuk bagaimana prodak tersebut bisa dikemas dengan baik dan bisa diterima di tengah masyarakat tentunya dengan berpedoman pada kemitraan dengan perusahaan besar dan berpengalaman.

“Ini kita harap adalah ilmu yang bisa diambil dari UMKM Ketika bermitra dengan para pengusaha besar,” harapnya.

Ditambahkannya ada yang lebih penting bagi pihaknya adalah juga menggugah pengusaha UMKM ini untuk mendaftarkan dirinya memperoleh perizinan yang layak dan standar bagi Pemerintah Pusat maupun Daerah agar nantinya bantuan-bantuan maupun sosialisasi kedepan bisa disampaikan kepada para pelaku usaha UMKM.

“Harapan kami ke depan para pelaku usaha UMKM bisa menjadi tuan di Kabupaten Kapuas, artinya bukan hanya pengusaha besar saja yang bisa maju dan berkembang pesat, tetapi juga pelaku industry kecil seperti UMKM pun bisa mandiri di Kabupaten Kapuas,” ucapnya.

Sementara Kasi Evaluasi dan Pembinaan Pelaksanaan Penanaman Modal, Muriani menambahkan kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan sebanyak enam kali sampai dengan akhir 2021.

“Dari hasil Sosialisasi ini akan diakhiri dengan Bimbingan Teknis perihal Teknis Online Single Submission (OSS)," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru