Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat dan Lurah Diminta Aktif Cek Kondisi Warga di Posko Pengungsian Banjir

  • Oleh Hendri
  • 22 November 2021 - 13:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu meminta Camat dan Lurah untuk aktif memantau kondisi warga di posko pengungsian banjir yang berada di daerahnya masing-masing.

Hera mengatakan saat ini ada 5 kecamatan dan 21 kelurahan yang terdampak banjir, yang berarti lebih dari setengah Kota Palangka Raya saat ini terdampak. Di sinilah peran camat dan lurah untuk hadir di tengah masyarakat.

“Camat dan lurah ini kan lebih dekat dengan masyarakat dan mengetahui bagaimana kondisi masyarakat, maka dari itu lurah dan camat harus aktif dalam membantu masyarakat terdampak,” katanya, Senin 22 November 2021.

Selain aktif dalam memantau kondisi warga, pihak kecamatan dan kelurahan juga diminta untuk aktif berkoordinasi dengan instansi teknis seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik Kota maupun Provinsi.

Hal itu agar kebutuhan masyarakat seperti logistik, makanan dan tenda pengungsian bisa terpenuhi. Juga untuk masalah kesehatan pihak camat dan lurah bisa berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya.

Dengan adanya koordinasi Dinkes bisa menurunkan Tenaga Kesehatan (Nakes) atau tim Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) melayani masyarakat yang mengungsi.

“Selain Stand by lurah dan camat juga aktif melaporkan dan berkoordinasi dengan instansi teknis, karena kunci dalam menghadapi masalah bencana diperlukan aksi dan koordinasi,” pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru