Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puluhan Ormas di Kalteng Tolak Keberadaan TBBR

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 26 November 2021 - 13:48 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Puluhan Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kalteng bersatu dan menolak keberadaan salah satu Ormas Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) di Bumi Tambun Bungai. 

Puluhan Ormas menyampaikan orasi penolakan ini digelar di Bundaran Besar, Kota Palangka Raya, Jumat 26 November 2021.

Koordinator lapangan, Bambang Irawan mengatakan sedikitnya 30 Ormas berkoalisi melakukan aksi damai untuk menolak keberadaan Ormas TBBR di Bumi Pancasila ini.

"Aksi damai ini merupakan bentuk keprihatinan kita semua tentang keberadaan TBBR. Mengapa  prihatin, karena selama TBBR ada disini banyak hal-hal bertentangan dengan adat budaya lokal kita Dayak Kalteng," katanya.

Bambang menyebut selama TBBR berada di Bumi Tambun Bungai ini, mereka tidak pernah melaporkan diri kepada tokoh adat maupun pemerintah daerah.

Selain itu adat budaya yang TBBR bawa bukan adat budaya Kalteng. Oleh sebab itu, Bambang sangat menyesalkan atas hal itu.

"Jadi tolong, silahkan TBBR hidup dengan adat budayanya sendiri di Kalbar. Kami akan mendukung dan mensuport. Kami disini hidup dengan falsafah Huma betang," pungkasnya. (PARLIN TAMBUNAN/B-6)

Berita Terbaru