Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Lakukan Kajian Lingkungan Hidup Strategis

  • Oleh Hendri
  • 26 November 2021 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya melakukan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dalam Focus Group Discussion (FGD) laporan akhir penyusunan dokumen Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup (D3TLH).

Pertemuan dilaksanakan di Aula Pumpung Kapakat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan sebagai evaluasi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Kepala Bappedalitbang Palangka Raya, Harry Maihadi mengatakan kajian D3TLH sebagai bagian kinerja yang terintegrasi dan bersinergi untuk mendukung kebijakan pembangunan dalam rangka menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup.

"Kajian D3TLH ini berbasis jasa ekosistem yang termasuk di dalamnya berupa jasa penyediaan. Seperti pangan dan air, jasa pengaturan seperti pengaturan iklim, tata aliran air dan banjir hingga kualitas udara," katanya, Jumat 26 November 2021.

Selain itu, kajian ini juga mencakup jasa budaya atau kultur, seperti tempat tinggal dan rekreasi, serta jasa pendukung, seperti pembentukan tanah, siklus hara dan biodiversitas.

Untuk kajian D3TLH dengan pendekatan ekologi, komplek wilayah dan keruangan dalam bentuk wilayah ekoregion yang diintegrasikan dengan pengunaan lahan atau pertimbangan komponen lingkungan hidup lainya.

“Pemerintah kota Palangka Raya berkomitmen melakukan perlindungan dan pengelolaan secara optimal. Dengan status D3TLH kita dapat menjaga kualitas air, tanah dan udara untuk menciptakan lingkungan hidup yang sehat Smart Environment," pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru