Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menengok SLBN 1 Pulang Pisau, Sekolah Luar Biasa yang Sempat Tutup dan Kini Banyak Meraih Prestasi

  • Oleh Magang 3
  • 01 Desember 2021 - 06:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pada 2008 Sekolah Luar Biasa Negeri atau SLBN 1 Pulang Pisau merupakan awal berdirinya kembali berdiri. Sebelumnya di 2006 sekolah ini sempat tutup selama setahun, karena berbagai kendala yang dihadapi. Sehingga banyak fasilitas yang hilang dicuri dan rusak tidak terawat. 

Dari berbagai prosesnya hingga saat ini, perubahan terus ditingkatkan baik secara kualitas dan kuantitas. Namun yang menjadi persoalan hingga sekarang adalah masa depan murid yang lulus dan kesejahteraan guru. 

"Jadi para guru juga bisa diperhatikan, karena memang mereka sudah lama dan tulus mengajar di sini. Dan juga sudah ada alumni yang lulus. Melihat kondisi alumni yang lulus sebagian tidak bisa berkembang akibat kurangnya dukungan," ucap Kepala SLBN 1 Pulang Pisau, Masciani, Rabu, 30 November 2021.

Dia berharap semoga siswa  yang lulus diperhatikan  pemerintah. Agar diberikan lapangan kerja bagi mereka yang tidak bisa melanjutkan kuliah.

Banyak kemampuan yang didapat siswa di meja belajar. Seperti keterampilan membuat kue, menganyam, komputer, menjahit, dan membatik.

"Kami ingin pemerintah membantu kami. Buatlah mereka satu wadah mengembangkan keterampilan. Agar mereka dibantu bahan, peralatan, dibimbing dan diberi pembinaan," katanya.

Sekolah ini pun banyak menorehkan prestasi. Dan capaian ini tidak gampang untuk mendapatkannya. "Pada 2011 saya membawa 31 murid mengikuti perlombaan tingkat provinsi tapi belum dapat hasil," tutur Masciani.

Dari berbagai proses yang harus dilewati, setelah mendapatkan dana BOS, akhirnya bisa menambah guru pengajar sehingga meningkatkan kualiatas mengajar.

Hingga pada akhirnya di 2012, 2013, dan 2014 ada 8 siswa yang ikut perlombaan ke tingkat nasional bisa meraih juara bernyanyi, tata boga membuat kue, juara pantomim, olahraga bulutangkis, dan catur. "Semuanya hampir kita dapat juara."

Bahkan, pada 2015 SLBN 1 Pulang Pisau mendapatkan juara umum tingkat provinsi se Kalimantan Tengah dari 24 SLB yang ada. Saat ini piala  piala yang terkumpul ada 137 dan 117 medali khusus kejuaraan olahraga. 

Berita Terbaru