Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Minta 1 Desa Harus Punya 1 Produk Unggulan

  • Oleh Naco
  • 05 Desember 2021 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur, H Halikinnor meminta agar 1 desa memiliki 1 produk unggulan. 

Itu ditegaskannya dalam kegiatan UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kotawaringin Timur di salah satu mall di Sampit dengan menggelar Lomba Produk Unggulan yang diikuti oleh 17 kecamatan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Halikinnor dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui dinas koperasi dan usaha mikro kecil menengah mengarah pada konsep 1 desa dengan 1 produk unggulan.

"Saya minta Dinas Koperasi menginventarisir di kecamatan-kecamatan, dalam artian kegiatan ini bagaimana membina produk-produk tertentu dan mengupayakan mengisi pangsa pasar di dalam maupun di luar Kotim,” kata Halikinnor.

Kunci selama ini, kata dia, adalah kelemahan dalam promosi sangat kurang, selain itu juga kemasan harus menarik.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua Aliansi Penggerak Industri dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kotawaringin Timur (API UMKM Kotim) Firman. Kehadirannya merupakan undangan dari Dinas Koperasi dan UMKM sekaligus meninjau langsung pelaku UMKM Kotim yang diutus kecamatan-kecamatan.

"Saya hadir di kegiatan tersebut memenuhi undangan Dinas Koperasi dan UKM sekaligus melihat langsung produk-produk unggulan kecamatan. Kebetulan untuk perwakilan pelaku UMKM yang mewakili Kecamatan Baamang dan MB Ketapang juga merupakan binaan API UMKM Kotim. Alhamdulillah sesuai target kami, binaan API UMKM Kotim yang mewakil kecamatan yang disebutkan tadi menjadi juara masuk dalam tiga besar," ujar Firman, Minggu, 5 Desember 2021.

Binaan API UMKM Kotim yang mewakili Kecamatan MB Ketapang yaitu Siti Aisyah Sundari dan Norbisa mendapatkan juara pertama.

Selanjutnya, binaan API UMKM Kotim yang mewakili Kecamatan Baamang yaitu Irmawatie Arman, Aan dan Wenny mendapatkan juara kedua.

"Kami keluarga besar API UMKM Kotim mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada pihak kecamatan yang sudah mempercayakan Binaan API UMKM Kotim untuk mewakili dan mengikuti lomba produk unggulan tersebut. Besar harapan kami antara API UMKM Kotim dan pihak kecamatan serta stakeholder lainnya bisa bersinergi demi kemajuan UMKM yang ada di Kotawaringin Timur," tandasnya. (NACO/B-7)

Berita Terbaru