Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau Perintahkan Kades Kembangkan Potensi Desanya

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 06 Desember 2021 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau Hendra Lesmana, memerintahkan perangkat desa agar menggali dan mengembangkan semua potensi desa. Itu disampaikan saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Kerja (Raker) Camat, Lurah, Kades dan Ketua BPD se-Kabupaten Lamandau di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Lantang Torang, Senin, 6 Desember 2021.

"Saya masih berkomitmen agar setiap desa memiliki BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Kepada Bapak Ibu Kades yang di desanya belum ada BUMDes, diharapkan segera dibentuk untuk memberdayakan potensi desanya," pinta Bupati Hendra. 

Dia menyebut, BUMDes yang dimiliki desa tidak harus bergerak di bidang yang sama antara desa satu dengan desa yang lain. 

"Justru harus menyesuaikan dengan potensi di wilayahnya masing-masing. Misalnya, bisa bergerak di bidang perdagangan ataupun juga kebun," ujarnya. 

Dikatakannya juga, keberadaan tanah kas desa itu juga harus dimaksimalkan. Di beberapa desa misalnya sudah ada yang berhasil dengan ditanami kelapa sawit dan kini sangat dirasakan manfaatnya. 

"Sekali lagi saya sampaikan bahwa semua itu tidak harus sama, bisa juga ditanami komoditi lainnya yang sesuai dan cocok dengan kondisi wilayah masing-masing," tandasnya. 

Jika memungkinkan, sambung Bupati Hendra, beberapa desa bisa join membentuk BUMDes untuk membuka usaha. Hasilnya nanti dibagi sesuai dengan untuk setiap desa yang menanamkan modal. 

"Sering saya sampaikan dalam setiap kesempatan, join usaha atau kerja sama antardesa itu boleh sepanjang untuk kemajuan dan pembangunan desa," tukasnya. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru