Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puskesmas di Kapuas Diharapkan Terus Tingkatkan Capaian Akreditasi

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 07 Desember 2021 - 16:45 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas melalui Bidang Pelayanan Kesehatan Seksi Mutu akreditasi Fasyankes dan Pembiayaan Kesehatan telah mengadakan pertemuan monitoring evaluasi mutu dan akreditasi puskesmas.

Kegiatan ini digelar sebagai upaya memperbaiki kinerja puskesmas termasuk dalam memperbaiki mutu pelayanan kesehatan dasar  yang merupakan urusan wajib pemerintah sebagaimana diamanatkan dalam Permenkes Nomor 4 tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan.

"Dengan kegiatan ini diharapkan puskesmas dapat meningkatkan capaian akreditasi dan inovasi mutu, sesuai dengan masalah yang ditemukan dari program mutu, penyelenggaraan administrasi manajemen dan penyelenggaraan pelayanan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, Apendi, Selasa 7 Desember 2021.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan agar puskesmas-puskesmas dapat berkinerja optimal sesuai dengan wewenang yang didelegasikan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, yang mana telah membentuk Tim Pembina Mutu Dinas Kesehatan (TPMDK) yang bertugas melakukan Pembinaan Dan Pengawasan (Binwas).

“Indikator keberhasilan pembinaan ke puskesmas dapat dinilai antara lain dari presentasi puskesmas yang direkomendasikan untuk survey, puskesmas yang mencapai target indikator mutu dan presentasi puskesmas yang melakukan pelaporan Indikator Nasional Mutu (INM),” ucapnya.

Kemudian indikator lainnya, terdapat Insiden Keselamatan Pasien (IKP) secara periodik serta presentasi puskesmas yang mencapai status kelulusan akreditasi paripurna.

Dalam kegiatan itu juga menghadirkan dua orang narasumber surveyor nasional yakni dr. Herry Tjahjono Dess dan dr. Esti Willianto dengan peserta pertemuan yaitu Penanggung jawab mutu pada 26 puskesmas se Kabupaten Kapuas. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru