Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akibat Hujan Disertai Angin Kencang, Air Sungai Kumai di Kelurahan Kumai Hilir Meluap

  • Oleh Wahyu Krida
  • 08 Desember 2021 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Selain dikawasan pesisir Kecamatan Kumai, yaitu Kubu, Bogam dan Keraya, ternyata akibat hujan disertai angin kencang mengakibatkan air Sungai Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa, 7 Desember 2021 sekitar pukul 20.00 WIB juga meluap hingga ke daratan.

Supian, warga Kelurahan Kumai Hilir RT 9 menjelaskan air mulai menggenangi rumahnya yang berada dipinggir Sungai Kumai saat terjadinya hujan deras disertai angin kencang.

"Ketinggian air yang menggenangi rumah saya sekitar 20 cm. Namun sekitar pukul 21.30 WIB perlahan air mulai surut. Kawasan yang terendam air sekitar Pasar Saik yaitu RT 8 dan RT 9 dekat Masjid Al Baidho," jelas Supian.

Menurut Supian, ketinggian air yang menggenagi badan jalan diperkirakan sekitar 20 cm.

Selain itu, melalui layananan perpesanan WhatsApp beredar juga video dari Wahyu BS salah seorang warga Kecamatan Kumai yang mengabarkan kondisi naiknya air yang berlokasi dekat Masjid Al Baidho, Kelurahan Kumai Hilir.

Dari video berdurasi 57 detik tersebut ia menceritakan bahwa akibat hujan deras dan angin kencang, mengakibatkan air sungai Kumai meluap hingga menggenangi badan jalan.

Sebelumnya Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kobar, Martogi Siallagan kepada www.borneonews.co.id mengatakan saat ini pihaknya sedang berada di kawasan pesisir Kecamatan Kumai untuk melakukan pemantauan terkait naiknya air laut hingga ke daratan.

"Selanjutnya, berdasarkan kondisi terbaru, barulah akan diputuskan apakah warga yang berada di kawasan pesisir tersebut perlu diungsikan ke lokasi lainnya yang dianggap aman. Saat ini kami masih menantikan laporan dari lapangan," jelas Martogi Sillagan. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru