Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nelayan Sungai Bakau Memilih Mencari Udang Kecil di Pesisir Pantai

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 18 Desember 2021 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Cuaca buruk yang melanda di sekitar perairan Kabupaten Seruyan membuat para nelayan Desa Sungai Bakau memilih istirahat sementara dari aktifitas melaut.

Dalam mengisi waktu luang, para nelayan setempat memilih mencari udang kecil dengan alat tangkap yang dinamakan warga setempat 'sungkur'.

Dengan alat tangkap sungkur yang di dorong secara manual di sekitar pesisir pantai, para nelayan mampu mengumpulkan udang-udang kecil.

“Udang kecil yang didapat di sekitar pesisir pantai Sungai Bakau ini, sebagai bahan dasar untuk pembuatan terasi dan cincalu, “ kata Yuyun Erawati Kades Sungai Bakau, Sabtu, 18 Desember 2021.

Menurutnya, selama ini Desa Sungai Bakau juga di kenal sebagai salah satu sentra pembuatan terasi dan cincalu berbahan dasar udang. Produk ini, sudah di pasarkan ke berbagai daerah.

Hasil yang didapat para nelayan dari mencari udang kecil di pesisir pantai cukup lumayan, hingga ada yang memperoleh hasil mencapai 2 hingga 3 kuintal  dalam satu hari.

“Dari aktifitas ini, lumayan untuk penghasilan mereka selama tidak bisa berangkat malaut. Hasil tangkapan udang yang didapat,  bisa untuk membuat terasi dan cincalu, “ tandasnya. (FAHRUL/B-7)

Berita Terbaru