Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lingga Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jangan Lengah, Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 19 Desember 2021 - 23:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pandemi Covid-19 belum berakhir. Pemerintah terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut. Upaya itu juga dengan menggandeng sejumlah pihak, tidak terkecuali TNI dan Polri. 

Kerja sama dalam mengatasi penularan itu penting dilakukan. Keberhasilannya juga tidak lepas dari dukungan masyarakat atas instruksi yang ditetapkan pemerintah. Kerja keras itu-pun membuahkan hasil. 

Di Kalimantan Tengah misalnya. Penyebaran Covid-19 di Bumi Tambun Bungai ini sempat mengkhawatirkan. Bahkan, tidak sedikit orang yang meninggal dunia karena terkonfirmasi virus tersebut. 

Namun kini, angka penularan sudah turun drastis dibanding sebelumnya. Itu juga seiring dengan gencarnya vaksinasi. Meski demikian, semua pihak diminta tidak lengah. Apalagi, varian baru Covid-19, omicron sudah terdeteksi di Indonesia. Oleh sebab itu, protokol kesehatan harus tetap dijalankan dengan baik.

"Setiap daerah harus tetap waspada terhadap potensi varian baru Covid-19 ini. Jangan lengah sedikit-pun, karena kita tidak ingin penyebaran Covid-19 di Kalteng kembali melonjak," pesan Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo. 

Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes Pol K Eko Saputro juga mengingatkan hal serupa. Ia meminta semua pihak tidak panik, tapi tetap waspada dan selalu mematuhi protokol kesehatan. 

"Saya juga berharap kepada masyarakat selalu mendukung upaya pemerintah dalam percepatan vaksinasi untuk mempercepat terbentuknya herd immunity," katanya. 

Sampai sejauh ini, pesan pentingnya protokol kesehatan terus digaungkan. Tim satuan tugas penanganan Covid-19 masih bergerak melakukan pengawasan penerapan prokes. Seperti pada Sabtu, 18 Desember 2021. Tim satgas bergerak mengawasi kegiatan masyarakat yang digelar di sejumlah tempat. Baik di perhotelan, lingkungan pendidikan hingga perbankan. 

Ipda Narmanto, personel Polresta Palangka Raya yang tergabung dalam satgas tersebut mengatakan, pengawasan penerapan prokes dilakukan berdasarkan beberapa aspek penting yang berpedoman pada Perwali Kota Palangka Raya Nomor 26 Tahun 2020 dan PPKM Level 2.

“Mulai dari penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi, menjaga jarak fisik minimal 1 meter, penyediaan wadah cuci tangan, hand sanitizer, pengecekan suhu badan, menggunakan masker dan lain sebagainya,” ucap Ipda Narmanto.

Sementara itu, berdasarkan data yang dirilis Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng pada Minggu, 19 Desember 2021, vaksinasi di Kalteng sudah mencapai 71,89 persen untuk dosis 1, sedangkan dosis 2 mencapai 44,58 persen. Wakil gubernur mengajak masyarakat untuk tetap menaati prokes dan menyukseskan program vaksinasi. (BUDI YULIANTO)

Berita Terbaru